APLIKASI
SUZUKI SERVICE ASSISTANCE
Amalia
D.R, Andika K, Azhar Falaqi, Muhamad Badai, Wahyuni K.Y
Teknik
Informatika
Universitas
Gunadarma
ABSTRAK
Pada saat ini teknologi berkembang dengan pesat, khususnya pada smartphone. Salah satu system operasi yang banyak digunakan pada
smartphone saat ini adalah Android.
Aplikasi ini bertujuan membuat para pengguna mobil di Indonesia lebih peduli
terhadap kendaraannya dan memudahkan pengguna dalam mendapatkan informasi
tentang perawatan kendaraannya dimanapun pengguna berada. Tahapan penulisan
dimulai dari pengumpulan data dari situs http://service.suzuki.co.id/
berupa teks dan gambar dalam bentuk .png yang digunakan sebagai layout halaman.
Pengkodean program dibuat pada Eclipse Galileo. Aplikasi ini di uji coba
menggunakan emulator dan di implementasikan pada smartphone berbasis Android.
Kata
kunci : Android, Aplikasi, Suzuki
Service Assistance.
PENDAHULUAN
Android
merupakan sistem operasi yang perkembangannya sangat masif dan cepat. Saat ini,
android sudah identik dengan smartphone. Perkembangan aplikasi di android juga
sangat cepat, bahkan tahun lalu saja, tiap bulan ada lebih dari 10 ribu
aplikasi ditambahkan untuk android.
Menyadari
hal itu penulis melihat bahwa sebuah aplikasi yang memudahkan pengguna untuk
melakukan suatu hal, semisal perawatan rutin pada suatu kendaraan sangat di
perlukan dan tidak boleh melalaikan. Yang mana akibat
dari kelalaian tersebut akan membuat kendaraan mereka mengalami masalah di
jalan. Sehingga menjadikan biaya perawatan menjadi lebih besar. Lagipula, belum tersedianya aplikasi tersebut
khususnya mobil dengan merk Suzuki membuat penulis ingin membuat sebuah
aplikasi yang digunakan oleh para pemilik mobil suzuki guna mempermudah dalam
melakukan perawatan rutin kendaraannya. Penulisan ini kemudian di beri judul “Aplikasi Suzuki
Service Assistance”.
Tujuan dari penulisan ini adalah membuat para pengguna
mobil suzuki indonesia lebih peduli terhadap kendaraannya, Kemudiaan,
mempermudah para pengguna mobil suzuki dalam melakukan perawatan rutin
kendaraannya. Mengingat sejumlah pengguna mungkin sedikit lupa dengan perawatan
berkala kendaraannya. Yang mana akibat dari kelalaian tersebut akan membuat
kendaraan mereka mengalami masalah di jalan. Sehingga menjadikan biaya
perawatan menjadi lebih besar.
METODE PENELITIAN
Dalam
membuat penulisan ini penulis melakukan beberapa langkah guna melakukan metode
penelitian. Pada penulisan ini penulis melakukan Study teoritis dengan membaca
beberapa tutorial pemrograman android melalui buku tentang android dan melalui
penjelajahan artikel android di Internet.
Kemudian
untuk kebutuhan database pada aplikasi penulis melakukan pengambilan data
melalui situs http://service.suzuki.co.id/
yang merupakan situs resmi yang di miliki oleh suzuki indonesia guna kebutuhan
service. Dalam situs itu banyak terdapat panduan service mobil suzuki.
Penelitianinimembutuhkanperangkatkeras dan
perangkatlunak. Perangkatkeras yang dibutuhkanadalahsatu (1) unitnotebook
pribadilengkapdenganspesifikasi
mÃnimum Intel®CoreTM2 Duo processorT6500,
Intel®GMA 4500 MHD 732MB, DDR2 2GB. Perangkatlunak yang dibutuhkanadalahECLIPSE
GALILEO, dan ANDROID EMULATOR.
PEMBAHASAN
Pada tahap analisa program aplikasi ini, penulis
melakukan penganalisaan tentang Aplikasi yang telah dibuat. Analisa tersebut
berupa bagaimana aplikasi tersebut digunakan, apa isi dari aplikasi tersebut,
siapa yang menggunakan, mengapa aplikasi ini dibuat, kapan aplikasi ini di
gunakan.
Penggunaan
aplikasi ini cukup mudah yaitu pengguna hanya memilih jenis mobil,lalu tipe
mobil kemudian pilih kilometer kendaraan, maka akan muncul data berisi
pemberitahuan tentang suku cadang yang di ganti dan seluruh poin-poin
pengecekan kendaraan suzuki. Pengguna aplikasi ini adalah pemilik mobil bermerk
Suzuki. Aplikasi ini digunakan ketika akan melakukan perawatan di bengkel resmi
suzuki. Sesungguhnya aplikasi ini di buat untuk membantu para pengguna, agar
lebih mengetahui tentang apa saja yang harus di persiapkan saat perawatan
berkala kendaraannya.
Aplikasi ini memiliki beberapa tampilan yang berupa
tampilan awal yang dimana tampilan tersebut mempunyai dua tombol pilihan, yaitu
home dan exit. Kemudian terdapat tampilan menu utama saat pengguna memilih
home, tampilan tersebut terdiri dari pilihan 8 jenis mobil suzuki indonesia.
Jika dipilih salah satu dari 8 jenis tersebut maka akan muncul tampilan sub
menu yang berisi tipe mobil dari jenis yang sama. Saat memilih tombol dari
tampilan sub menu tersebut, maka akan muncul tampilan utama yang berisi spiner,
button, edittext yang di gunakan sebagai output utama program Suzuki Service
Assistance.
Storyboard merupakan gambaran umum dari tampilan suatu
aplikasi pada layar secara detail. Dalam storyboard digambarkan semua elemen
yang akan tampil pada layar seperti letak teks, desain gambar, posisi tombol
dan gambar. Storyboard tersebutakandijelaskanpadagambarberikutini
:
Gambar 2. Storyboard
Pada tahap pengujian program ini
penulis akan menampilkan program aplikasi dengan menggunakan emulator android
yang terinstall dalam komputer. Dalam penginstallannya spesifikasi minimumnya
adalah Android Versi 2.2.1 Froyo, layat TFT 3.2 inch HVGA, dan Processor 600
MHz. Untuk menjalankan aplikasi, penulis dapat mengklik run application setelah
itu tunggu beberapa saat sampai aplikasi terinstall pada android emulator.Jika telah ter-install maka awal yang dilihat
yaitu pada tampilan awal program suzuki service assistance.
Gambar
3. Tampilan Awal
Pada tampilan utama suzuki service
assistance terdapat 2 tombol diantaranya tombol home yang akan menampilkan menu
utama, dan tombol satu lagi yaitu exit yangberguna untuk keluar dari aplikasi.
Gambar
5. Tampilan Popup Alert Dialog Keluar
Pada menu utama terdapat image
button sebanyak delapan jenis mobil suzuki. Maka, ketika di klik akan muncul
tampilan sub menu berikut tampilannya.
Gambar
7. Tampilan Submenu Carry
Gambar
9. Tampilan Submenu GrandVitara
Gambar
11. Tampilan Submenu Swift
Gambar
12. Tampilan Submenu Splash
Setelah muncul sub menu maka kita
harus memilih tipe mobil yang di gunakan sesuai dengan jenisnya. Sebagai contoh
kita memilih APV maka kita akan di
hadapkan pada 3 pilihan seperti pada gambar 3.32 apabila kita memilih APV (M/T) maka akan muncul tampilan utama seperti di
bawah ini, setelah kita memilih 1 bulan
/1000 KM.
Gambar
13. Tampilan menu utama
PENUTUP
Pada
kesempatan ini penulis akan memberikan kesimpulan mengenai tulisan dan aplikasi
yang telah penulis buat sebelumnya. Dalam pembuatan aplikasi yang harus di
lakukan adalah menginstall semua software pendukung, semisal JDK, JRE, Eclipse,
emulator , dll. Software pendukung tersebut akan memudahkan kita dalam membuat
suatu aplikasi.
Setelah
semua software pendukung terinstall maka hal yang perlu dilakukan adalah
membuat rancangan tampilan dan navigasi. Rancangan tersebut digunakan sebagai
gambaran dari tampilan pada aplikasi yang akan di buat. Kemudian, buatlah
storyboard untuk menggambarkan pola-pola bagaimana aplikasi yang dibuat di
jalankan. Setelah semua persiapan dilakukan maka mulailah kita menulis coding
program dengan software, dalam hal ini penulis menggunakan Eclipse.
Ketika
aplikasi sudah selesai maka kita harus mencobanya dengan android emulator agar
ketika terjadi error dapat di antisipasi. Apabila tidak terdapat error maka
program yang dibuat dinyatakan berhasil.
DAFTAR PUSTAKA
[1] Anonim,
“Android (Sistem Operasi)”,
http://id.wikipedia.org/wiki/Android_(operating_system), 2012, tanggal Akses 1
Juni 2013.
[2] Anonim,
“Java”, http://id.wikipedia.org/wiki/Java, 2012, tanggal akses 1 Juni 2013.
[3] Anonim,”
Keunggulan Android”, http://thekaku.com/keunggulan-android/, 2012, tanggal
akses 28Mei
2013.
[4] Anonim,
“E-book :Membuat Aplikasi Android untuk Pemula”,
http://www.perpusonline.com/ebook-membuat-aplikasi-android-untuk-pemula.html,
2011, tanggal akses 8 Juni
2013.
[5] Every,
Shwan Van. 2009. Android Pro Media.
United States of America: Apress.
[6] Haseman,
Chris.Android Essential.Heidelberg:Appres.2008.
[7] Mulyadi.
2010. Membuat aplikasi untuk Android. Yogyakarta: Multimedia Center Publishing.
[8] Murphy,
Mark L. 2010. Beginning Android 2. United States of America: Apress.
[9] Nazrudin
Safaat. 2011. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis
Android. Bandung: Informatika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar